Posted by: wirati | June 1, 2009

Pura Dalem Waturenggong Desa Taro Gianyar

2

Aku di depan salah satu tugu di Pura Dalem Waturenggong

Waktu ini aku bersama kantor mengadakan acara pengobatan gratis di Desa Taro, Kec. Tegalalang Gianyar. Pada kesempatan itu, aku sempat bersembahyang di Pura Dalem Waturenggong. Pura ini berdiri  saat pemerintahan Dalem Waturenggong.

Pemerintah Dalem Waturenggong merupakan puncak kebesaran atau jaman kemasan Kerajaan Bali. Karena pada jaman Dalem Waturenggong, wilayah kerajaan Bali sudah meluas sampai ke Sasak (lombok), Sumbawa, Balmbangan dan Puger. Dalem Waturenggong adalah raja yang sangat ditakuti oleh raja Pasuruan dan Raja Mataram. Pemerintah Dalem Waturenggong pada abad XVI (sekitar tahun 1550 M) merupakan awal lepasnya ikatan dan pengaruh Majapahit terhadap kerajaan Bali seiring runtuhnya kerajaan Majapahit oleh Kerjaan Islam.


Responses

  1. oh … aku baru tahu tuuuuu
    thanks infonya

  2. makasi juga udah berkunjung

  3. He he, harusnya ditambah sumber refrensi-nya Mbak, kaya babad apa gitu😀

  4. Sangat menambah wawasan. Apalagi saya senang sejarah.
    Keep posting ya Mbak, SEMANGAT

  5. itu pura di desa ku mbak..
    nanti sembahyang kesini lagi ya..

  6. itu pura di desa saya pure ini amt kental dengan sejarah

    • Ya, saya tahu. Bali ,emang penuh dengan berbagai kemagisannya. Suksma sudah memberi komentar


Leave a Reply

Categories

