Posted by: wirati | May 30, 2009

Tirtayatra ke Gunung Salak

pura-gunung-salak-di-BogorAku senang sekali akhirnya terkabul juga keinginanku tirtayatra ke Pura Gunung Salak. Udara Bogor sangat dingin waktu itu, dan hujan turun rintik-rintik.  Namun, udara dingin tidak menyuruti keinginanku menapaki tangga menuju pura.  Disana, aku bertemu beberapa umat hindu yang juga sedang melakukan persembahyangan ke sana. Kami sempat bertegur sapa. Mereka kelihatan senang sekali bisa bertemu kami (aku dan 3 temanku) yang berasal dari Bali.

Pura yang berlokasi di Desa Taman Sari, Lereng Gunung Salak, Kabupten Bogor Jawa Barat ini dirintis sejak tahun 1995. Pembangunan pura ini merupakan hasil kerja gotong royong umat.  Area utama Ning Mandala  merupakan area suci. Bangunan penting lain adalah Padmasana yang merupakan tempat persembahyangan  serta Balai Pasamuan Agung. Di bangunnya pura Salak di daerah ini memang bukan tanpa alasan. Konon di tanah inilah Prabu Siliwangi sang Raja Padjadjaran yang membawa kemasyuran bagi tanah Sunda pernah berdiam. Bahkan ada yang percaya di tempat ini Prabu Siliwangi menghilang bersama para prajuritnya. Hingga akhirnya sebelum membangun pura, umat Hindu lalu memutuskan untuk membangun terlebih dulu candi dengan patung macan berwarna putih dan hitam. Sebagai penghormatan terhadap Kerajaan Padjadjaran, Kerajaan Hindu terakhir di tanah Parahyangan.

aku di tangga menuju Pura Gunung Salak

aku di tangga menuju Pura Gunung Salak

Berbagai kesaktian sang prabu ini pula yang jadi latarbelakang berdirinya pura di Gunung Salak. Konon, dulu sering ada hal-hal gaib yang terjadi di wilayah ini yang berhubungan dengan Prabu Siliwangi, raja mashyur dari Kerajaan Hindu terakhir di Jawa Barat. Pendirian pura di Gunung Salak yang dipercaya sebagai petilasan Sri Paduga Maharaja Prabu Siliwangi, bukan hanya membawa kegembiraan bagi para umat Hindu. Catatan sejarah tersendiri bagi umat Hindu. Mereka akan memiliki sebuah pura utama di Gunung Salak. Pura Parahyangan Agung JagatkartyaTaman Sari Gunung Salak. Biasanya turun hujan setiap upacara berlangsung.  Walau hujan lebat upacara tetap berlangsung. Ritual yang dilakukan adalah ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi yang diberikan kepada umat.


Responses

  1. alo, wordpressnya keren dechhhh
    narcissssssssss

  2. bagussssssssssssssssssss

  3. woww….indah banget….mau ikut gw kesana lg tgl 18 juli…?

    • hehhhehehe, belum ada libur nih, sibuk terusssss

  4. Jadi kangen pingin ke sana lagi🙂

    • yah betul tuh. Saya juga pengen lagi ke sana. Suasananya damai dan tenang.
      Dimana nich?

      • He he, serasa melayang di atas awan😀

        Saya di Jogja saya koq.

  5. mohon informasinya jalan kesana dari baranang siang naik apa jurusan mana turun dimana mohon kirim ke email saya

  6. rencana tgl 07 sy kedatangan keluarga dr buleleng minta diantar ke Pura Gunung Salak… bisa share info rute ke sana kalo dr tol Jagorawi?
    btw. sy tinggal di Tangerang – Banten

    • waduh sori banget. Ak ga tahu tuh. karena ka baru juga pertama kali ke situ. Ak diantar ama supir Bali TV.
      Ak kan aslinya dari Bali, ga tahu byk jalan2 ke situ,
      Benar-benar minta maaf deh

  7. Semoga pura gunung salak bisa menjadi pemersatu umat hindu yang di rantau dan kami yang di bali kan terus mempromosikan pua gunung salak.

  8. blogwalking and salam kenal ya^^

  9. saya belum pernah ke Jakarta dan ke pura gunung salak

    • weh perlu tuh ke situ, mau ikutan aku?

  10. semoga tgl 7 oktober 2010 ga ada halangan,aku bersama teman2 akan sembahyang ke sana.

  11. pemandanganya bagus ,yang mau informasi rute kesana mudah2an saya bisa bantu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: